Payas untuk Upacara Ngekeb Metatah

Payas Madya Tradisional untuk Upacara Ngekeb Metatah

Yth. Ibu Agung
Ibu Agung, saya dan keluarga besar akan mengadakan upacara metatah. Anak-anak kami rencananya akan dirias saat ngekeb dan upacara keesokan harinya. Saya ingin menanyakan, pada saat ngekeb, busana tradisional apa yang digunakan? Kebetulan juga, dua orang keponakan saya lama tidak tinggal di Indonesia. Kami ingin mereka tahu bagaimana rangkaian upacara metatah dan busana tradisionalnya. Terima kasih, IbuAgung

Ibu Laksmi
Di Badung

Yth. Ibu Laksmi
Upacara ngekeb diadakan sehari sebelum kegiatan upacara metatah dimulai. Biasanya mereka yang akan melangsungkan upacara metatah akan menggunakan Payas Madya dan pada saat upacara keesokan harinya mengenakan Payas Agung.
Pada saat rangkaian upacara sebaiknya kita mengenakan busana dan tata rias Bali yang tradisional. Perbedaan Payas Madya dan Payas Agung terletak pada pemasangan bunga dan busana. Pada Payas Madya, bunga cempaka putih dan kuning dipasang di bagian depan. Payas Madya tidak menggunakan petitis. Untuk busana hamper mirip dengan Payas Agung tetapi untuk kainnya diganti menggunakan songket.
Untuk lebih jelas, saya telah menyajikan contoh fotonya. Saya menyajikan foto setengah badan tetapi pada bagian bawah, model mengenakan kain songket.
Jika Ibu Laksmi masih memiliki pertanyaan atau masih ada hal yang ingin dikonsultasikan, Ibu bisa menghubungi nomor 0361-233850/231985, hp. 0811393602 atau bisa juga mengunjungi kantor pusat kami di Jl. Anggrek No. 12, Kreneng, Denpasar. Selain itu, Ibu Laksmi juga bisa mengunjungi website kami di www.salonagung.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *